Pages


Mencari Kondisi Optimum  Pembuatan Biodiesel Dari CPO Off Grade Dengan Katalis NaOH

Muklis dan Whisnu Pamungkas
Program Studi Teknik Kimia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Jendral Ahmad Yani KM 3, Cilegon – Banten
E-mail : muklis.tekim@gmail.com

            Biodiesel merupakan salah satu jenis bahan bakar diesel alternatif yang berasal dari minyak tumbuhan atau lemak hewan yang dihasilkan melalui proses transesterifikasi. Beberapa referensi baik nasional maupun internasional menyatakan bahwa reaksi esterifikasi dilakukan bila kandungan asam lemak bebas di dalam bahan baku minyak nabati lebih besar dari 2%. Bila kandungan asam lemak bebas lebih kecil dari 2% maka dilakukan proses transesterifikasi.
            Penelitian bertujuan untuk mengetahui kondisi operasi optimum pembuatan biodiesel dengan bahan baku  CPO off grade. Pada penelitian ini diawali dengan analisa bahan baku CPO off grade, kemudian dilakukan proses esterifikasi dengan katalis H2SO4 dan dilanjutkan proses transesterifikasi dengan katalis NaOH. Variabel tetap penelitian adalah volume minyak, katalis H2SO4  1%, rasio mol minyak dan methanol 1 : 6, waktu reaksi dan suhu reaksi 60 oC. Variabel tidak tetap pada penelitian adalah rasio katalis NaOH, yaitu 0.5%, 1% dan 1.5%. Minyak yang didapat dianalisa kandungan asam lemak bebas, densitas, viskositas, kandungan air dan titik nyala.
            Dari hasil penelitian di dapatkan sifat fisik dan kimia CPO off grade yaitu kandungan air 0.042%, dan asam lemak bebas 49.03%. Kondisi operasi optimum diperoleh dengan rasio katalis NaOH sebanyak 1% dengan yield metil ester yang diperoleh 60.80% dan di dapat angka asam sebesar 0.11%.

Kata Kunci : CPO off grade, Biodiesel, Esterifikasi, Transesterifikasi, Katalis NaOH






0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © Chemical Engineer. Design by Best Website Design
Buy Traffic and Templates On Sales